Wednesday 28 February 2018

5 Tugas Suami :
1. Mema'murkan Masjid, maksudnya selalu mendirikan sholat 5 waktunya di masjid.
2. Berda'wah, silaturrohim dg tetangga2nya utk diajak mema'murkan masjidnya.
3. Jihad/berjuang di jalan Alloh Swt.
4. Mencari Nafkah utk keluarga.
5. Mendidik Istri dan Anaknya di rumah dg agama/sunnah Nabi Saw.
Jadi 4/5 tugas laki2/Suami ada di luar rumah.....dan 1/5 tugas Suami ada di dalam rumah, mk wajar laki2 itu jarang di rumah. Kapan Laki2/Suami dikatakan hilang sifat kelelakiannya? apabila 2  tugas suami ditinggalkan yaitu mencari nafkah utk keluarganya dan mendidik istri dan anaknya di rmh dg agama/sunnah Nabi Saw. Nara Sumber dari Doktor Hadits KH. Luthfi Yusuf Al Banjari.

SUAMI = SUrga Abadi Milik Istri.....dg syarat menjalankan 5 Tugas Suami......
kalau ISTRI = Istana Suami Tempat Rahmat Ilahi.......dg syarat menjalankan 6 Tugas Mulia Seorang Istri.

6 Tugas Mulia Seorang Istri adalah:
1. ABIDAH, maksudnya diharapkan istri kita menjadi Ahli Ibadah,YAITU menjaga sholat 5 waktunya tepat di awal waktu,sholat2 sunnahnya,baca qur'an,dzikir pagi petang,dan do'a2 masnunah. Targetnya bila ada masalah, dg baca qur'annya atau dg wudlu'nya,dg sholatnya menyelesaikan masalah2nya,dst.
2. ALIMAH , maksudnya setiap hari ada waktu buat Ta'lim Rumah di rumahnya bersama suami dan anak2nya atau mahromnya,shg targetnya ahli keluarga bertambah ilmu agamanya, bertambah ilmu dan hafalan qur'an dan haditsnya
.....sampai minimal dari satu keluarganya ditargetkan menjadi Hafizh Alqur'an yg mana hafizh alqur'an bisa selamatkan 10 anggota keluarganya dari api neraka,dll.
3. USTADZAH/MUROBBIYAH, maksudnya menjadi pendidik/guru bagi anak2nya di rumah. dari kecil istri/seorang ibu mengajarkan iman tauhid ke anak2nya. ngajarkan sunnah2 Nabi Saw.di rumahnya shg dari kecil sdh dikenalkan Alloh Swt.dan sunnah Nabi Saw. Ibu seperti madrasah, bila madrasahnya baik mk lahirlah murid yg baik.
4. KHODIMAH, maksudnya melayani suaminya dg baik sesuai aturan agama dan cara sunnah nabi saw.......dg niat agar bisa mendorong suaminya menjalankan 5 tugas suami tadi. DLL.
5. ZAHIDAH, maksudnya istri kita bisa hidup sederhana shg hartanya bisa dibagi menjadi 4 perkara yaitu:
1. Perjuangan agama.
2. Ibadah(sholat,zakat,haji,dll).
3. Akhlaq ( bantu sdranya yg lemah,sedekah,dll, bangun masjid, bantu sdra dan tetangga yg sakit, dll).
4. Keperluan Hidup kita t.d. makanan, pakaian,tempat tinggal,kendaraan,dan pernikahan dg sederhana (sesuai maqomnya msg2......tanyakan ke ulama).
6. DA'IYYAH , maksudnya memberi dakwah ke wanita2 yg datang ke rmh kita atau ketika suaminya ajak silaturrohim ke sdra2nya......bisa buat dakwah....minimal disampaikan 4 ciri wanita ahli surga yaitu :
1. menjaga sholat 5 waktunya,
2. puasa bln. romadhon,
3. taat kpd suami dan
4. tutup aurotnya dgn sempurna, dst.  

Bayan KH Lutfi Al Banjari
Penulis : Ust Nur Kholis

No comments:

Post a Comment